Apa itu cacar air?

Apa itu cacar air?
Cacar air adalah adalah infeksi virus pada kulit dan membran mukosa, yang menyebabkan lenting pada seluruh tubuh dan wajah. Penyakit cacar air, atau biasa disebut chickenpox (varisela)ini , dapat menular ke orang yang belum pernah menderita cacar air atau belum pernah menerima vaksin cacar air. Penyebabnya yaitu virus herpes yang disebut dengan virus varicella-zoster. Virus ini menyebabkan cacar air pada anak-anak dan shingles (herpes zoster) saat dewasa. Shingles lebih terasa nyeri dan dapat mengakibatkan komplikasi yang berat.

Seberapa umumkah cacar air?
Cacar air adalah penyakit menular yang sering terjadi. Penyakit ini dapat terjadi pada semua usia. Namun sebagian besar terjadi pada anak-anak di bawah 15 tahun. Orang dengan sistem imun yang lemah lebih berisiko seperti bayi, ibu hamil, dan lansia. Vaksin dapat mencegah cacar air atau membuat penyakit ini menjadi lebih ringan. Sebagian besar kasus yang parah terjadi pada orang dewasa.

Tanda & gejala
Apa saja ciri dan gejala cacar air?
Ciri dan gejala cacar air biasanya muncul 7-21 hari setelah paparan. Gejala cacar air berupa demam ringan, pilek, batuk ringan, sakit kepala, lemas, dan tidak nafsu makan. Bentol-bentol muncul pada tubuh 2-3 hari setelahnya yang kemudian berkembang menjadi lenting gatal berisi cairan, dan kemudian mengering dan berbentuk koreng dalam 4-5 hari. Lenting yang muncul dapat berjumlah sedikit, atau dapat pula lebih dari 500 lentingan.
Cacar air biasanya menular sejak 1-2 hari sebelum ruam muncul, hingga 6 hari setelah lenting terbentuk. Pada mulut, telinga, dan mata juga dapat berbentuk luka.
Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.
Kapan saya harus periksa ke dokter?
Anda harus menghubungi dokter bila Anda mengalami gejala-gejala berikut ini:
Bintik merah menyebar ke salah satu mata atau kedua mata Anda
Bintik menjadi lebih sensitif dan panas. Ini dapat menjadi tanda infeksi
Pusing, disorientasi, denyut jantung cepat, sesak, gemetar, batuk yang berat, muntah, kaku leher atau demam tinggi lebih dari 39,4°C Riwayat keluarga memiliki sistem imun yang rendah atau memiliki anak berusia kurang dari 6 bulan
Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Apa penyebab cacar air?
Penyebab cacar air adalah virus herpes varicella-zoster. Orang dapat terkena cacar air jika ada orang di sekitarnya yang menderita cacar air dan menghirup droplet yang berisi virus tersebut. Orang juga dapat terinfeksi cacar air melalui kontak langsung dengan lesi kulit penderita.

Faktor-faktor risiko
Apa yang meningkatkan risiko saya untuk cacar air?
Cacar air adalah kondisi yang memiliki banyak faktor risiko, antara lain:
Anda belum pernah terkena cacar air
Jika Anda belum menerima vaksin cacar air
Bekerja dalam keperawatan atau sekolah dasar Tinggal dengan anak-anak.
Obat & Pengobatan
Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda. Apa obat cacar air yang biasa digunakan?
Anak yang sehat tidak membutuhkan obat khusus karena cacar air dapat sembuh sendiri. Obat non-aspirin seperti acetaminofen sering digunakan dalam cacar air untuk menurunkan demam. Jangan berikan aspirin pada anak.
Antihistamin, lotion calamine, dan mandi oatmeal dapat mengurangi rasa gatal. Minum banyak cairan dan istirahat, sangat dianjurkan. Untuk mencegah penyebaran cacar air, jauhkan anak-anak dari orang lain hingga bentol mengering.
Orang dengan risiko tinggi infeksi dan orang dengan sistem imun yang terganggu (misalnya orang yang baru menjalani transplantasi tulang belakang, atau penderita leukemia) dapat minum obat antivirus untuk mencegah komplikasi.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk cacar air?
Bintik-bintik akibat cacar air berbeda dari jenis ruam yang lain, sehingga diagnosis mudah ditentukan. Dokter akan melakukan pengecekan riwayat medis dan melihat ruam untuk membuat diagnosis.
Pengobatan di rumah
Apa saja pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi cacar air? Berikut adalah pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi cacar air:
  • Hubungi dokter Anda jika Anda sedang hamil dan Anda terpapar dengan penderita cacar air
  • Bersihkan tangan Anda secara teratur dan cucilah sprei serta pakaian yang baru dipakai dengan air sabun yang panas Jaga agar kuku Anda tetap pendek agar Anda tidak menggaruk untuk mencegah infeksi Beristirahat, namun tetap bisa beraktivitas ringan Gunakan obat non-aspirin untuk mengobati demam Beritahu staf sekolah dan orangtua teman yang mungkin juga terpapar Konsumsi obat antihistamin dan gunakan spon khusus saat mandi untuk mengurangi rasa gatal Hubungi dokter Anda jika demam lebih dari 38°C atau jika Anda merasa lemas, sakit kepala, atau sensitif terhadap cahaya Hubungi dokter Anda jika Anda mengalami muntah-muntah, sulit tidur, rewel, serta penurunan kesadaran Vaksin cacar air juga tersedia untuk orang yang belum pernah menderita cacar air

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages