Pengalaman Pribadi Sakit Cacar


Assalamualaikum…
Kena Cacar di Usia 48 tahun ...?          
 
            Saya cuman mau ngeshare pengalaman pribadi yang benar-benar menyedihkan. Yap, bener banget. saya mau cerita tentang pengalaman yang baru beberapa minggu lalu alami yaitu cacar air. Mungkin kalian udah sering dengar penyakit menular satu ini atau mungkin udah pernah ngerasain juga. Nah berhubung saya baru aja “kena” beberapa minggu yang lalu (saya kena cacar 3 Nov 2018), istilahnya masih hangat di ingatan kronologisnya, maka saya bakal ngebagiin ke kalian semua cerita selengkapnya.

           Jadi, beberapa minggu yang lalu saya kena cacar air, udah saya bilang di atas, kalau cacar itu penyakit menular, nah saya juga kena penyakit ini hasil dari tularan(?) pertama kali yang membawa penyakit cacar ini  tetangga ,tertular ke 3 orang keponakan saya dan adik bontot,  itu terjadi cepat sekali sekitar 1 – 3 minggu empat  orang yang tertular namun yang paling parah dari ke empat yang tertular tersebut adik bontot saya yg berusia 30 tahun, sementara yang tiga lainnya masih anak-anak kondisinya baik-baik saja tetap beraktivitas namun sempat jg beberapa hari terkena demam, namun demamnya sembuh setelah diberi obat penurun panas dan tidak  diberi obat khusus untuk sakit cacarnya hanya istirahat dan gizi yang diperhatikan dan alhasil cacar dari ketiga keponakan sudah mulai membaik dan untuk adik saya yang bontot sakit cacarnya parah timbul ruam merah bentol-bentol pada bagian wajah, punggung dan hampir sekujur tubuh disertai pusing, mual, panas waktu itu hanya minum antibiotik dan penurun panas tp istirahat dan gizi tetap jadi yang nomer satu dan kondisnya mulai membaik setelah hampir dua mingguan dan sekarang alhamdulillah sudah bisa beraktivitas.

            Ok lanjut kronolgis diatas, tepatnya hari sabtu 3 Nopember  pagi – pagi bangun dari tidur lihat dari cermin ada tumbuh bentol di pipi gatal dan ukurannya sebesar biji kacang ijo saat itu saya kira tumbuh jerawat padahal sebelumnya saya tidak berjerawat, dalam pikiran saya mungkin jerawat karena datang bulan perubahan hormonal saya abaikan. Siap-siap berbenah untuk berangkat kerja dan persiapan aktivitas dikantor dengan kondisi yang baik-dan merasa sehat,  tapi tiba-tiba  balik dari kegiatan posyandu mengikuti kegiatan sosialisasi Posyandu Siaga  sekitar jam 11 an badan tiba-tiba  terasa pegal, pipi yang ada tumbuh bentol semakin terasa gatal  lagi-lagi sinyal tubuh  itu saya abaikan masih tetap bisa beraktivitas sampai jam pulang kantor tiba, semua staf pada bubar pulang kerumah masing-masing, sesampai di rumah ganti baju kantor, cuci  tangan dan kaki makan siang stelah selesai makan siang duduk-duduk sambil WA an sama beberapa orang temen dan ketiduran sampe jam 4 sore, pada saat bangun mata saya terjuju pada lengan kok ada tumbuh bentol lagi di bagian lengan kiri  tetapi saya kira digigit semut karena terasa gatal, lagi-lagi belum sadar kalo itu si cacar air, alhasil malam setelah magrib suasana panas punggung terasa gatal sekali tapi tidak bisa digaruk karena tangannya gak nyampe dan minta tolong sama suami untuk digarukkan baru tau kalo di punggung sudah bertaburan bentol-bentol merah,  tiba-tiba suami saya  bilang kalau seperti yang ada di punggung saya itu namanya cacar air, Hadeh kena cacar air, jederrrrr. Kalang kabut lah dalam hati padahal seingat saya pernah terkena cacar air pada umur 9 tahun kelas tiga SD,” entah itu mitos ato teori yang pasti kalo sudah terkena cacar tidak akan terkena lagi”? Detik itu juga saya langsung browsing di internet, cara-cara penularan dari si cacar ini yang nanti bakal kita bahas dibawah.

            Sekitar jam 9 malam, Tgl 4/11/2018  badan terasa lemes, pusing, mual tidak bisa tidur obat yang tersedia dirumah waktu itu parasetamol sama vitamin C, akhirnya panik WA ke pak dr, Sugeng (dokter yang satu ini selain ganteng orangnya baik banget, itu bukan kata saya saja lo tapi hampir semua temen yang di Puskesmas  dan pasien juga mengatakan hal yang sama) , terima kasih resep obatnya pak dr. Sugeng.


            Berhubung cacar air yang saya alami terkena pada kelopak mata bagian bawah seperti timbilan ada tambahan obat lagi yaitu antibiotik , tentunya yang sebelumnya sudah dikonsultasikan nama antibiotik dan dosisnya., Selain minum obat dengan teratur sesuai petunjuk resep tidak kalah pentingnya mengkomsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi dan protien tinggi karena judulnya melawan virus cacar ,
Ternyata makanan orang sakit cacar enak-enak hehe mau tidak mau saya harus sampaikan yaitu :
1.       Makananyang mengandung  protien tinggi seperti telur, susu, daging sapi, daging ayam dll (diolah sesuai selera)
2.       Buah-buahan tinggi vit c, saya request anggur hitam pilih yang manis tentunya
3.       Juice jambu batu merah (saya beli yang Instan)
4.       Kacang ijo ,Jahe (itu saya buat bubur kacang ijo, kasi gula merah, tanpa santan dan Jahe di geprek) rasanya fresh
5.       dll yang kalian suka
           
10 Makanan Ini Bisa Membantumu saat Sakit Cacar Air, (refrensi browsing sendiri ya mas & mba bro
  • ·         Kacang hijau, Pemulihan cacar air dapat dibantu oleh kacang hijau.
  • ·         Yoghurt. midwestdairy.com. ...
  • ·         Oatmeal. healthline.com. ...
  • ·         Telur. livestrong.com. ...
  • ·         Alpukat. foodandwine.com. ...
  • ·         Ubi jalar. hellosehat.com. ...
  • ·         Bawang putih. bbcgoodfood.com. ...
  • ·         Tomat. thespruce.com.
CACAR AIR


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages